Rabu, 11 Mei 2011

perekonomian indonesia


kondisi ekonomi dapat dikatakan sangat berpengaruh terhadap suatu Negara,  kondisi ekonomi itu sendiri dapat juga mencerminkan bagaimana keadaan suatu Negara. maju atau tidaknya , tingkat keamanannya, hingga menyangkut masalah kesehatan sangat di  pengaruhi oleh kondisi ekonominya. untuk perekonomian Indonesia saya berpendapat masih dalam tahap memperbaiki , hal ini dikarenakan Indonesia sempat terkena krisis yang membuat perekonomian Indonesia turun drastis pada saat pemerintahan orde baru.
Selama tiga tahun dari 2005, 2006, dan 2007 perekonomian Indonesia tumbuh cukup signifikan (rata-rata di atas 6%), menjadikan Indonesia saat ini secara ekonomi cukup dipertimbangkan oleh perekonomian dunia. Hal ini dapat dilihat dengan diundangnya Indonesia ke pertemuan kelompok 8-plus (G8plus) di Kyoto Jepang pada bulan Juli 2008 bersama beberapa negara yang disebut BRIICS (Brasil, Rusia, India, Indonesia dan South Africa). Pada tahun 2008 pendapatan per kapita Indonesia sudah meliwati US$ 2.000, bahkan pada tahun 2009, GDP Indonesia ditetapkan di atas angka 5.000 triliun Rupiah atau setara dengan US$ 555 milyar. Angka-angka ini cukup mendukung estimasi bahwa pada tahun 2015 Indonesia sudah menjadi salah satu raksasa ekonomi dunia dengan GDP di atas US$ 1 triliun. Namun masih banyak hambatan yang dihadapi oleh perekonomian Indonesia untuk menuju kesana, misalnya; kondisi infrastruktur perekonomian (seperti jalan, jembatan, pelabuhan dan listrik), tingginya angka pengangguran (kisaran 9%), tingginya inflasi yang disebabkan oleh meningkatnya harga energi dunia (sudah menyentuh 11,,%), belum optimalnya kedatangan FDI ke Indonesia, belum optimalnya peranan. Dilihat dari total PDB Indonesia dari tahun ke tahun, dapat dilihat bahwa perekonomian Indonesia semakin bertumbuh kearah yang lebih baik. Namun agar tercapainya target dan untuk menjadi pasar yang potensial, pemerintah harus fokus dalam pembenahan infrastruktur agar tidak menghambat transaksi-transaksi.
Kondisi perekonomian indonesia di lihat dari PDB  atau pendapatan domestik bruto. Saat ini Indonesia menempati urutan ke 18 dari 20 negara yang mempunyai pdb terbesar di dunia. Hanya ada 5 negara asia yang masuk ke dalam daftar yang di keluarkan oleh bank dunia. Kelima negara tersebut adalah jepang yang menempati urutan ke 2. Negara cina  negara tyersebut menempati urutan ke 3, india urutan yang ke 11 dan yang terakhir korea selatan menempati urutan ke 15. Indonesia sekarang mempunyai PDB mencapai US$700 miliar, kita boleh saja bangga. Apalagi dengan pendapatan p[erkapita yang mencapai US$3000 per tahun menempatkan indonesia di urutan ke 15 di antara negara-negara dengan pendapatan perkapita yang besar.
Menurut pendapat saya, bahwa tingkat kesejahteraan suatu Negara tidak hanya dilihat dari pendaptan nasional Negara, namun dapat juga dilihat dari pendapatan per kapita masyarakatnya , pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran, serta taraf hidup masyarakat dalam Negara tersebut. Karena dengan cara tersebut juga kita dapat membandingkan bagaimana perekonomian negara kita dengan perekonomian Negara lain.contohnya: kesehatan, pendidikan, pendapatan perkapita,dll.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar